Indostats | Free counter Indonesia Berita: pencuci rambut

Minggu, 03 Januari 2010

pencuci rambut

Shampoo adalah produk perawatan rambut yang digunakan untuk menghilangkan minyak, kotoran, partikel kulit, ketombe, polusi lingkungan dan partikel kontaminan yang lain secara bertahap membangun di rambut. Tujuannya adalah untuk menghapus build-up yang tidak diinginkan tanpa stripping keluar begitu banyak untuk membuat rambut tidak dapat diatur.

Sampo, ketika menyabuni dengan air, adalah sebuah surfaktan, yang, sambil membersihkan rambut dan kulit kepala, dapat menghapus minyak alami (sebum) yang meminyaki batang rambut.

Keramas sering diikuti dengan penggunaan conditioner yang meningkatkan kemudahan menyisir dan styling.
DBS ONLINE KLIK DISINI KALAU MAU JADI MEMBER
Sejarah

Kata sampo dalam bahasa Inggris berasal dari Hindi chāmpo (चाँपो [tʃã po ː ː]), [1] dan tanggal ke 1762. [2] kata Hindi dimaksud kepala pijat, biasanya dengan beberapa bentuk minyak rambut. [3] kata-kata serupa juga terjadi di India Utara bahasa lain. Kata dan kepala pelayanan pijat diperkenalkan ke Britania oleh seorang pengusaha bengal Sake Dean Mahomed. Mahomed dekan praktek untuk memperkenalkan Basil Cochrane's uap mandi sambil bekerja di sana di London pada awal 1800-an, dan kemudian, bersama dengan istri Irlandia, dibuka "dan Uap Mahomed's Vapour Baths Tawon Air Laut" di Brighton, Inggris. Nya Turki mandi seperti mandi di mana klien menerima pengobatan India champi (keramas), yang berarti terapi pijat. Ia diangkat 'keramas Bedah' untuk kedua George IV dan William IV. [4]

Pada 1860-an, arti kata bergeser dari arti pijat yang menerapkan sabun ke rambut. [5] Sebelumnya, sabun biasa telah digunakan untuk mencuci rambut [6]. Namun, film yang membosankan sabun kiri pada rambut membuat tidak nyaman, mengganggu, dan tidak sehat mencari.

Selama tahap awal sampo, penata rambut inggris bercukur sabun direbus dalam air dan ditambahkan herbal untuk memberikan rambut bersinar dan aroma. Kasey Hebert dikenal pertama pembuat sampo, dan asal-usul saat ini dikaitkan dengannya. Komersial membuat sampo yang tersedia dari pergantian abad. Sebuah iklan untuk 1914 Shampoo Canthrox Majalah Amerika menunjukkan wanita muda di kamp mencuci rambut mereka dengan Canthrox di sebuah danau; iklan majalah pada tahun 1914 oleh Harmony Rexall fitur Beautifier rambut dan Shampoo [7]

Awalnya, sabun dan sampo produk yang sangat mirip, keduanya mengandung surfaktan, sejenis deterjen. Sampo modern seperti yang kita ketahui hari ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930-an dengan Drene, sampo pertama dengan surfaktan sintetik. [8]

Shampoo membersihkan oleh melucuti sebum dari rambut. Sebum adalah minyak disekresikan oleh folikel rambut yang mudah diserap oleh helai rambut, dan membentuk sebuah lapisan pelindung. Sebum melindungi struktur protein rambut dari kerusakan, tapi perlindungan ini datang pada biaya. Cenderung untuk mengumpulkan kotoran, produk styling dan kulit kepala mengelupas. Surfaktan mengupas sebum dari rambut shaft dan dengan demikian menghapus kotoran melekat padanya.

Sementara kedua sabun dan shampo mengandung surfaktan, sabun obligasi untuk minyak dengan menghilangkan afinitas yang terlalu banyak jika digunakan pada rambut. Sampo menggunakan kelas yang berbeda surfaktan seimbang untuk menghindari terlalu banyak mengeluarkan minyak dari rambut.

Mekanisme kimia yang mendasari pembersihan rambut mirip dengan sabun tradisional. Rambut rusak memiliki permukaan hidrofob yang lipid kulit, seperti sebum, tongkat, tetapi air awalnya ditolak. Lemak tidak datang dengan mudah bila rambut dibilas dengan air biasa. Anionic surfaktan yang secara substansial mengurangi tegangan permukaan dan antarmuka memungkinkan penghapusan sebum dari batang rambut. Non-polar bahan berminyak pada rambut poros adalah surfaktan solubilised ke struktur micelle sampo dan dihilangkan selama proses pembilasan. Ada juga yang cukup penghapusan melalui surfaktan dan minyak "menggulung" efek.

Komposisi

Formulasi sampo berusaha untuk memaksimalkan kualitas berikut:

* Mudah mencuci
Good selesai setelah mencuci rambut
* Minimal kulit / iritasi mata
* Tidak ada kerusakan rambut
* Merasa tebal dan / atau krem
* Pleasant wangi
* Rendah racun
Good biodegradability
* Agak asam (pH kurang dari 7), karena lingkungan dasar melemahkan rambut dengan memecah ikatan disulfida dalam keratin rambut.

Banyak shampoo yang pearlescent. Efek ini dicapai dengan penambahan serpihan kecil dari material yang sesuai, misalnya. glycol distearate, kimia berasal dari asam stearat, yang mungkin baik asal hewan atau nabati. Glycol distearate adalah sebuah lilin.

Di AS, Food and Drug Administration (FDA) mengamanatkan bahwa daftar akurat wadah sampo bahan. Pemerintah mengatur lebih lanjut produsen sampo apa yang bisa dan tidak bisa mengklaim sebagai manfaat yang terkait. Produsen sampo sering menggunakan peraturan ini untuk menantang pemasaran klaim yang dibuat oleh pesaing, membantu untuk menegakkan peraturan ini. Sementara klaim dapat dibuktikan Namun, metode pengujian dan rincian klaim seperti itu tidak begitu mudah. Sebagai contoh, banyak produk yang diklaim untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet. Sementara bahan yang bertanggung jawab atas perlindungan ini tidak blok UV, tidak hadir dalam konsentrasi yang cukup tinggi untuk menjadi efektif. Sampo dibuat untuk mengobati kondisi medis seperti ketombe diatur sebagai obat OTC [9] di pasar AS. Di bagian lain dunia seperti Uni Eropa, ada syarat untuk mengklaim anti-ketombe untuk dibuktikan, tetapi tidak dianggap sebagai masalah medis.

Vitamin dan Asam Amino

Efektivitas vitamin, asam amino dan "pro-vitamin" untuk sampo juga sangat bisa diperdebatkan. Vitamin dan asam amino adalah blok bangunan protein dan enzim dalam tubuh. Sementara vitamin mungkin dapat menembus sel-sel melalui kulit, asam amino dan protein terlalu besar untuk masuk ke dalam sel di luar aliran darah, dan mereka bisa tidak berpengaruh pada jaringan yang mati. Protein dibuat dari asam amino RNA berikut cetak biru di dalam sel. Sehelai rambut adalah rantai protein yang panjang terus-menerus ditambahkan ke akar. Satu-satunya cara untuk asam amino ada gunanya adalah menjadi sengaja terikat ke asam amino lainnya di mode tertentu oleh sel hidup. Rambut tidak hidup, dan tidak ada kemungkinan untuk asam amino atau protein untuk memiliki pengaruh permanen pada kesehatan untai. [Rujukan?]

Kasus untuk vitamin yang tidak dipahami dengan baik. Beberapa telah menunjukkan efektivitas yang moderat dalam meningkatkan kesehatan kulit, [10] tetapi kemungkinan besar manfaat berasal dari efek vitamin pada sel-sel hidup di bawah epidermis. Memperluas manfaat ini untuk rambut, vitamin dan mineral dapat meningkatkan kesehatan pertumbuhan rambut baru, namun manfaat untuk rambut yang ada adalah tidak berdasar. Namun, sifat-sifat fisik beberapa vitamin (seperti vitamin E minyak atau panthenol) akan memiliki efek kosmetik sementara pada batang rambut, sementara tidak mempunyai bioaktivitas.

Umum digunakan bahan

* Amonium klorida
* Amonium lauryl sulfat
* Glycol
* Natrium sulfat Laureth
* Sodium lauryl sulfat
Specialized shampoos
[sunting] Ketombe

Perusahaan kosmetik shampoo telah dikembangkan secara khusus untuk mereka yang memiliki ketombe. Ini mengandung fungisida seperti ketoconazole, seng dan selenium sulfida pyrithione yang longgar mengurangi ketombe oleh Malassezia membunuh ketombe. Coal tar dan salisilat derivatif sering digunakan juga.
[sunting] All-alam

Beberapa perusahaan menggunakan "semua-alam," "organik," "botani," atau "tanaman yang diturunkan dari" bahan (seperti ekstrak tumbuh-tumbuhan atau minyak), menggabungkan penambahan ini dengan satu atau lebih khas surfaktan. Efektivitas bahan organik ini masih diperdebatkan.

Alternatif shampoo, kadang-kadang dipasarkan sebagai SLS-free, mengklaim memiliki lebih sedikit bahan kimia - biasanya tidak ada dari keluarga sulfat. Mereka kadang-kadang diklaim sebagai lembut pada rambut manusia.
[sunting] Baby

Shampoo untuk bayi dan anak-anak muda dirumuskan sehingga kurang menjengkelkan dan biasanya tidak mudah untuk menghasilkan rasa panas menyengat atau jika ingin masuk ke dalam mata. Hal ini dicapai oleh satu atau lebih dari strategi formulasi berikut:

1. pengenceran, dalam hal produk terjadi kontak dengan mata setelah menjalankan dari atas kepala dengan sedikit lebih pengenceran;
2. menyesuaikan pH untuk yang non-stres air mata, kira-kira 7, yang mungkin akan pH yang lebih tinggi daripada pH shampoo yang disesuaikan untuk kulit atau efek rambut, dan lebih rendah dari yang sampo terbuat dari sabun;
3. penggunaan surfaktan yang, sendirian atau dalam kombinasi, tidak terlalu mengganggu daripada yang digunakan dalam shampo lain;
4. penggunaan surfaktan dari nonionic bentuk sintetis polyethoxylated glikolipid dan / atau polyethoxylated sintetik monoglycerides, yang surfaktan menangkal sengatan mata surfaktan lain tanpa menghasilkan efek anesthetizing alkil polyethoxylates atau alkylphenol polyethoxylates.

Perbedaan dalam 4 di atas tidak benar-benar mengatasi kontroversi atas penggunaan bahan-bahan sampo untuk mengurangi sengatan mata yang dihasilkan oleh bahan-bahan lain, atau dari penggunaan produk yang begitu dirumuskan.

Pertimbangan dalam 3 dan 4 sering mengakibatkan banyaknya jauh lebih besar surfaktan yang digunakan dalam shampo bayi individu daripada di sampo lain, dan detergency dan / atau berbusa produk-produk tersebut dapat mempengaruhi karenanya. Sulfonated surfaktan yang monoanionic dan viskositas meningkat atau menstabilkan busa alkanolamides melihat begitu sering di shampoo lain jauh kurang umum di shampoo bayi lebih baik. [1]
[sunting] Hewan

Shampoo untuk binatang (seperti untuk anjing atau kucing) harus dirumuskan khusus untuk mereka, karena kulit mereka lebih sedikit dari lapisan sel kulit manusia. Kucing 'kulit adalah 2-3 lapisan sel tebal, sementara anjing' 3-5 lapisan kulit. Kulit manusia, sebaliknya, adalah lapisan sel tebal 10-15. Ini adalah alasan utama mengapa orang harus tidak pernah menggunakan bahkan sesuatu yang ringan seperti sampo bayi pada kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya.

Shampoo ditujukan untuk hewan mungkin mengandung insektisida atau obat lain untuk pengobatan kondisi kulit atau infestasi parasit seperti kutu atau kudis. Ini tidak boleh digunakan pada manusia. Hal ini sama pentingnya untuk dicatat bahwa sementara beberapa shampoo manusia dapat membahayakan bila digunakan pada hewan, Haircare setiap produk yang mengandung bahan aktif / obat-obatan (seperti zinc dalam antidandruff shampoo) yang berpotensi beracun jika tertelan oleh hewan. Perhatian khusus harus diambil untuk tidak menggunakan produk-produk mereka pada hewan peliharaan. Kucing berada pada risiko tertentu karena naluriah mereka metode perawatan bulu mereka dengan lidah mereka.
[sunting] Solid

Solid bar sampo shampoo atau digunakan sebagai surfaktan mereka sabun dan / atau mudah surfaktan dirumuskan sebagai padatan. Mereka memiliki keuntungan menjadi tumpahan-bukti, dan kelemahan yang perlahan-lahan diterapkan, perlu dibubarkan digunakan.
[sunting] Jelly / Gel

Kaku, non-gel pourable jelas akan diperas dari sebuah tabung pernah populer bentuk sampo, dan dapat diproduksi dengan meningkatkan viskositas sampo itu. Jenis sampo ini tidak dapat tumpah, tapi tidak seperti yang solid, itu masih dapat hilang sia-sia oleh menggelincir dari kulit atau rambut basah. Sabun jeli sebelumnya dibuat di rumah dengan melarutkan sabun natrium dalam air panas sebelum digunakan untuk mencuci atau keperluan lain, untuk menghindari masalah penerapan lambat padat disebutkan di atas.
[sunting] Tempel / krim

Sampo dalam bentuk pasta atau krim yang sebelumnya dipasarkan dalam stoples atau tabung. Isinya basah tapi tidak sepenuhnya dibubarkan. Mereka akan berlaku lebih cepat daripada makanan padat dan larut dengan cepat. Jar isinya rentan terhadap kontaminasi oleh pengguna dan karenanya harus dipelihara dengan baik.
[sunting] dry sampo

Shampoo bubuk dirancang untuk bekerja tanpa air. Mereka biasanya didasarkan pada serbuk seperti tepung atau bedak, dan ditujukan untuk menyerap kelebihan sebum dari rambut sebelum disikat keluar. Beberapa percaya bahwa rambut tidak cenderung untuk "melihat" seperti bersih ketika dicuci dengan shampoo konvensional. [Rujukan?]
[sunting] Tradisional dan prasejarah menggunakan
[sunting] Indonesia

Shampoo awal digunakan di Indonesia dibuat dari sekam dan jerami (MERANG) beras. Sekam dan jerami yang dibakar menjadi abu, dan abu (yang memiliki sifat basa) dicampur dengan air untuk membentuk busa. Abu dan busa yang menggosok ke rambut dan dibilas keluar, meninggalkan rambut bersih, tapi sangat kering. Setelah itu, minyak kelapa diaplikasikan pada rambut untuk melembabkan itu. [11]
[sunting] India

Di India, berbagai ekstrak tumbuhan dan mereka digunakan sebagai shampoo. Sampo yang sangat efektif dibuat oleh soapnuts mendidih kering gooseberry (Amla) dan beberapa rempah-rempah lainnya, menggunakan ekstrak tegang. Ini meninggalkan rambut lembut, berkilau dan mudah dikelola. Produk lain yang digunakan adalah kue mustard kiri setelah ekstraksi minyak mustard.
[sunting] Amerika Utara

Tertentu yang digunakan suku Indian Amerika Utara ekstrak dari tumbuhan sebagai shampo rambut; Costanoans misalnya dari pantai California saat ini digunakan ekstrak dari pantai woodfern, Dryopteris expansa, untuk sampo. [12]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar