Indostats | Free counter Indonesia Berita: Apakah Wikipedia Corrupt?

Selasa, 10 November 2009

Apakah Wikipedia Corrupt?

Tanggapan untuk posting saya sebelumnya disebut "Bagaimana etika Update Wikipedia" telah sangat terpolarisasi dan saya merasa penting aku memberikan visibilitas terhadap isu-isu etis dan konsekuensi yang dihadapi oleh seorang sangat berpengaruh organisasi relawan-jalankan seperti Wikipedia.

Pertama Sedikit Latar Belakang
Juli 17 saya posting berdasarkan artikel yang sangat baik diterbitkan di Search Engine Tanah disebut "SEO Tips & Tactics dari Insider Wikipedia" di Wikipedia ditulis oleh Administrator dengan nama samaran Durova. Posting saya meringkaskan beberapa dari daftar yang tidak etis Wikipedia Durova telah melihat seluruh waktunya di Wikipedia dan bagaimana Wikipedia menanggapi setiap situasi. Aku sangat terkesan dengan artikel Durova dan bagaimana proses transparan tampaknya.
KLIK DULU AH BANNER DIBAWAH INI

Support System Marketing Online



p>Support System Marketing Online


Dampaknya
Sejak posting saya, saya menerima beberapa komentar di posting yang jelas dari orang-orang yang merasa sangat kuat bahwa Wikipedia, dan khususnya Durova, memiliki masalah serius dengan etika. Dalam hal itu saya sedikit keraguan bahwa orang-orang ini sebelumnya pengalaman buruk dengan Wikipedia / Durova dan memiliki khas untuk mengerjakan sesuatu; kemarahan terlihat jelas. Salah satu komentar bahkan Durova mengungkapkan nama asli (yang aku memilih untuk tidak mengizinkan) dan terhubung ke halaman di mana kata-kata yang ramah dan menyenangkan dibagi mengenai Wikipedia dan Durova.

Para pengadu 'komentar di situs StepForth dan Search Engine Land's menyusup Wikipedia adalah berjalan dalam mafia-cara yang sama, dimana mereka yang Administrasi yang bebas dapat berbahaya ketika marah dan dapat bertindak tanpa akibat. Berikut adalah beberapa kutipan:
Satu commenter dengan nama Gregorius didefinisikan Kohs Wikipedia:
Wikipedia bukanlah sebuah ensiklopedia. Ini adalah sebuah blog menyamar sebagai seorang bebas, dikontrol oleh sejumlah terbatas orang dengan admin alat yang memiliki sumbu tertentu untuk mengerjakan sesuatu tentang hidup orang-orang dengan nama asli, semua sementara bersembunyi di balik jubah anonimitas.
Sumber, SEO StepForth posting blog.
Sebuah commenter ditindaklanjuti Gregory komentar dengan jawaban yang panjang termasuk ini:
Durova nasihat untuk secara terbuka menyatakan niat Anda sebagai COI (conflict of interest) dalam artikelnya suara baik - tetapi seperti banyak dari Wikipedia, yang niat baik dalam naskah peraturan, tapi bukti dari "puding" dalam pelaksanaan sering angin berkecepatan "di wajah" bisnis orang-orang yang naif dipercaya Wikipedia untuk menjadi profesional dan tempat yang ramah bisnis. Bukan itu.
Sumber, SEO StepForth posting blog.
Sebuah Search Engine Tanah komentar tertangkap mata saya:
Apakah kita sekarang sampai pada titik di Web 2.0 kita masyarakat di mana orang-orang anonim yang memegang posisi otoritas dalam Top 10 situs memfitnah masyarakat dapat mengatakan hal-hal (yang saya berbohong kepada wartawan), dan hasil akhirnya dengan sopan saya adalah keluhan pribadi punya "reputasi profesional "lebih dipertanyakan oleh administrator anonim? Itu hanya indah.


Terima kasih Tuhan, aku mencintai istriku, anak perempuan, keluarga, dan banyak teman - yang semuanya mencintaiku mahal dan tidak memberikan dua whits mengenai Wikipedia. Aku benar-benar tidak bisa membayangkan bahwa jika ada donor utama Wikimedia Foundation tahu INI adalah jenis budaya yang dipupuk di sana, CARA mungkin mereka akan menandatangani cek ke Jimbo dan admin-pergi-liar.
Sumber, Search Engine Tanah artikel.

Pada SEO Blog StepForth diposting Durova tanggapan berikut beberapa komentar:
"Aku seorang peserta sukarela dalam program yang disebut 'administrator terbuka untuk mengingat." Itu berarti saya akan berdiri untuk konfirmasi ulang dari status sysop jika setengah lusin Wikipediawan dalam performa baik permintaan itu. Tak ada yang pernah memprakarsai permintaan seperti itu. Pencalonan saya untuk administratorship lulus pada suara 81-0-1 (satu netral bulat pendek). Jadi masyarakat telah menyatakan keyakinan. Aku Namun, berspesialisasi dalam penyelidikan dan penyelesaian sengketa. Jadi beberapa individu sitebanned kadang-kadang muncul di tempat lain di Web dengan keluhan. "

Catatan komentar: banyak lagi komentar defensif peradangan dan dapat ditemukan dalam format yang kurang disensor dalam hal ini Search Engine Tanah artikel.

My Posisi
Saya tidak dapat membuktikan keakuratan keluhan terhadap Durova panjang dan Wikipedia dan aku tidak punya waktu atau minat untuk penelitian menyeluruh masa lalu (tampaknya ada BANYAK untuk meninjau). Yang mengatakan, jika ada pengaduan memiliki kebenaran ons kemudian Wikipedia harus lebih berhati-hati tentang sikap mereka mengambil konten yang dapat membahayakan orang lain tanpa dapat diperbaiki lagi atau menghadapi dmoz-seperti nasib. Pada flipside, mereka yang mengirimkan konten di Wikipedia sebaiknya menyadari bahwa apa pun yang mereka posting memiliki konsekuensi pada reputasi mereka sendiri sehingga mereka sebaiknya 100% yakin sumber dan niat mereka.

Juga Aku memuji Durova untuk membalas komentar dengan mencatat bahwa peran aktif sebagai administrator dapat dielakkan oleh sebuah pemungutan suara oleh anggota dalam performa baik. Mengatakan, aku bertanya-tanya apakah anggota dalam performa yang baik akan memiliki alasan untuk mengusir sesama anggota yang mungkin seperti pikiran. (i.e. yang menjaga penjaga?)

Dalam Penutup
Aku harus mengakui bahwa sukarelawan-situs yang dioperasikan memiliki kemampuan untuk secara serius merugikan bisnis atau seseorang reputasi baik aku merinding. Hal ini terutama berlaku untuk ensiklopedi online seperti Wikipedia di mana isi, oleh sifat sosial, cenderung menyimpang ke wilayah gosip. Saya menyadari bahwa ini berlaku untuk banyak situs Web media sosial tapi sangat sedikit memiliki kekuatan besar untuk mempengaruhi opini bahwa Wikipedia saat ini memiliki. Jika ada satu hal yang menggambarkan seluruh skenario ini adalah bahwa Wikipedia konten, tak peduli siapa Administrateur itu, harus banyak dibumbui dengan garam. Hal yang sama berlaku untuk setiap konten didorong sosial online.

Jika Anda sangat membutuhkan reputasi manajemen di daftar Wikipedia bahasa Anda kemudian membaca yang ditulis dengan baik Search Engine Tanah artikel oleh Jessica Bowman di mana ia membahas berbagai teknik etis memerangi buruk di halaman Wikipedia.: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anda Wikipedia Page Goes Bad.

PS) Google Needs More Diversity!
Google sangat dibutuhkan untuk tingkat lapangan sedikit dan menawarkan konten dari selain ensiklopedi online Wikipedia (yang secara teratur duduk di # 1 bagi sebagian besar pencarian) untuk mengungkapkan beberapa perspektif yang berbeda dan melunakkan pengaruh Wikipedia. Setelah semua, ada pasti ensiklopedi online lainnya yang patut mendapat tembakan di pusat perhatian juga.

Jika Anda mewakili suatu alternatif online bebas silahkan email saya, saya akan senang jika Anda akan mengirimkan beberapa ayat pengenalan situs anda dan alasan mengapa konten Anda adalah sama atau lebih layak daripada Wikipedia. Ketika saya menerima perkenalan saya akan blog mereka segera.

Pengarang: Ross Dunn adalah pendiri dan CEO Inc Penempatan StepForth Merayakan tahun kesepuluh beroperasi, StepForth adalah salah satu yang tertua dan paling terpercaya dalam pemasaran pencarian nama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar