Indostats | Free counter Indonesia Berita: Wawancara dengan Wikipedia Administrator Durova

Selasa, 10 November 2009

Wawancara dengan Wikipedia Administrator Durova

"Saya sangat senang aku tidak mengelola Wiki, ini seperti anak-anak bertengkar gula tinggi di bagian belakang mini-van untuk 10 jam!" EvilGreenMonkey - Forum Editor, SearchEngineWatch

Saya baru saja menghabiskan dua setengah jam di Google Chat dengan seseorang yang tidak. Kontroversial, cepat tanggap dan terkutuk oleh mereka yang ia telah melarang dari Wikipedia, yang jauh Durova difitnah tapi beraneka ragam karakter. Dia juga salah satu nama yang paling dikenal sekitarnya Wikipedia. Sebagai salah satu yang lebih vokal dari 1302 atau Administrator, Durova telah menarik banyak panas untuknya gigih membela sifat ensiklopedis Wikipedia.
KLIK DULU AH BANNER DIBAWAH INI

Support System Marketing Online



p>Support System Marketing Online


SiteProNews.com pembaca akan ingat nama Durova dari Ross Dunn artikel, "Apakah Wikipedia Korupsi?" Yang berlari pada hari Kamis 9 Agustus. Dalam lembaran, Durova nama muncul beberapa kali dalam kaitannya dengan sengketa antara dirinya dan Gregory Kohs, seorang anggota Forum SEW yang pergi dengan nama "thekohser". Sengketa inilah yang tertangkap mata dari beberapa penulis di sektor pemasaran pencarian. Durova menghubungi saya berharap bahwa komunikasi lebih terbuka akan membantu membersihkan udara antara Administrators pada pencarian Wikipedia dan masyarakat.

Obrolan-wawancara (transkrip di sini) berlangsung jauh lebih lama daripada yang kita harapkan, tetapi, setelah berbicara dengan Durova untuk suatu jangka waktu yang lama, percakapan meninggalkan aku dengan rasa hormat yang lebih dalam pekerjaan Wikipediawan bersama semakin sinis ketika rantings membaca beberapa dari pencela.

Wawancara tertutup lebih dari 13 halaman (Arial, 10pt font) dalam dokumen Word. Aku telah memutuskan untuk mencetak ulang dalam kutipan dari artikel ini bersama dengan link ke transkrip lengkap.

Untuk memulai wawancara, saya ingin mendapatkan beberapa latar belakang tentang bagaimana Wikipedia beroperasi. Aku ingin rasa struktur, pemahaman tentang bagaimana hierarki bekerja untuk membuat dan menegakkan keputusan.

saya: ok. Apakah ada hirarki editor / sukarelawan di Wikipedia?

durova: Mostly it's a meritokrasi.

saya: ok ... sebuah hirarki berdasarkan prestasi

durova: Secara teori (saya bisa menunjukkan kutipan) pendapat seorang administrator dalam sebuah diskusi membawa tidak lebih berat daripada editor lain.

Tapi alat tertentu harus dibatasi untuk alasan praktis.

me: k.

durova: Ada tools yang saya tidak punya.

CheckUser, misalnya, memberikan informasi tentang account yang mendasari sebuah alamat IP. Itu sangat ketat dikontrol untuk alasan privasi.

Demikian juga ada sebuah kekuatan yang disebut Pengawasan. Itu dilakukan untuk menghapus pengungkapan pribadi. Seperti dua belas tahun yang posting alamat rumahnya.

saya: apa adalah berbagai judul (yaitu: admin, editor, dll ...) dan bagaimana mereka mendapatkan / diberikan

Dikirim pada 11:10 pada hari Rabu

durova: Yah, siapa pun editor yang mengedit penglihatan. Anda bisa klik "edit" tab pada sebuah artikel dan menjadi editor sekarang, jika Anda belum melakukannya.

Berikut adalah halaman di administratorship. http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Administrators

Administrator dan birokrat dipilih oleh konsensus masyarakat.

Arbiter adalah kombinasi pemilihan dan pengangkatan. Posisi lain ditunjuk baik oleh Jimmy Wales atau komite arbitrase.

saya: TY: tujuan saya di sini adalah untuk membantu pengguna memahami lingkungan.

durova: Tentu.

saya: bagaimana orang mendapat perhatian oleh masyarakat / bertarung dalam pemilu?

berapa lama istilah?

durova: Arbitrase adalah tiga tahun. Yang lain tidak memiliki durasi yang spesifik.

saya: sebagai perkiraan, berapa lama rata-rata editor / admin / arbiter melayani?

durova: Kebanyakan arbiter mengundurkan diri sebelum tiga tahun penuh. Ini posisi yang sangat menuntut.

saya: tidak diragukan

durova: Untuk yang lain, orang-orang sebagai aktif sebagai mereka inginkan. Wikipedia memiliki 1302 administrator ketika aku diperiksa pagi ini. Sekitar 2 / 3 dari orang-orang yang aktif.

Dikirim pada 11:15 pada hari Rabu

saya: jadi anda adalah salah satu dari sekitar 860?

durova: Ada program sukarela yang disebut "Administrator terbuka untuk ingat." Ini adalah Pengurus yang telah berjanji untuk pergi melalui suara konfirmasi ulang jika cukup banyak editor lain memintanya. Sekitar 100 administrator berpartisipasi dalam program itu. Aku salah satu dari mereka.

Aku bisa memeriksa nomor lain jika Anda suka untuk akurasi, tapi hal itu. Ya.

Berikut adalah link ke suara saat ini. http://en.wikipedia.org/wiki/WP:RFA


saya: ok. ini adalah seperti sebuah metode demokratis admin untuk memecat editor?

durova: Ada telah berbicara tentang itu. Tidak ada telah resmi keluar dari situ. Komite arbitrase contoh menangani kesalahan. Kadang-kadang mereka desysop seseorang.

saya: Aku ingin kembali ke dalam sekejap atau dua.

durova: Tentu.

saya: kenapa seorang nominasi kandidat akan memilih turun atau gagal mencapai konsensus?

bagaimana para pemilih (editor) tahu tentang masing-masing calon?

durova: Yah, mungkin ada kekhawatiran tentang keseluruhan editor pengalaman atau tentang perilaku mereka.

saya: ada banyak pemikiran dimasukkan ke dalam pemungutan suara oleh editor? Apakah ada debat?

durova: Ini adalah diskusi bukan suara mentah. Penalaran dihitung untuk banyak. Jika Anda ingin sejenak dan melihat diskusi sekarang Anda akan melihat bagian salib bagaimana drama ini keluar.

Selanjutnya, saya ingin mendapatkan rasa berapa banyak pekerjaan terlibat untuk setiap editor atau administrator. Sebagai Wikipedia adalah sebuah organisasi dijalankan sepenuhnya sukarela (ada hanya 7 dibayar staf di WikiFoundation, tidak ada yang secara langsung terlibat dalam pemerintahan atau penyuntingan Wikipedia), jumlah pekerjaan yang bervariasi dari relawan ke relawan.

saya: apa pekerjaan admin memerlukan? berapa banyak waktu komitmen?

durova: Totally fleksibel.

Aku bisa menghabiskan sepuluh jam sehari atau tidak melakukan apa pun selama satu bulan.

saya: ya tapi harus tumpukan pekerjaan jika Admin tidak mendedikasikan waktu

durova: Ada biasanya cukup dari kita untuk tetap di atas hal. Kita bisa selalu menggunakan lebih banyak bantuan.

Saya meminta bantuan untuk mengumpulkan statistik pada beban kerja. Satu detik ketika aku menggali sebuah contoh.

saya: k

durova: Di sini kita pergi. Pada bulan Agustus 2005 situs dihapus sekitar 1000 artikel per hari.

12 bulan lalu rata-rata 3.000 penghapusan sehari.

6 bulan lalu bahwa rata-rata 5000.

Bidang lain yang memakan banyak waktu administratif adalah patroli perubahan terbaru.

saya: jadi, rata-rata, mungkin ada sampai penghapusan 150.000 sebulan

durova: Dalam lingkungan, ya.

Satu ratus lima puluh ribu penghapusan sebulan! Tidak heran ada beberapa sangat marah orang di luar sana. Banyak keluhan terhadap Durova dan editor atau administrator yang berasal dari penyumbang yang tidak puas yang lama sudah dihapus. Seperti popularitas Wikipedia terus berkembang, dan sebagai pencarian dan Internet pemasar menemukan cara untuk menggunakan Wikipedia untuk mendapatkan link balik padat atau jaminan penempatan untuk terfokus secara komersial posting, jumlah penghapusan editorial meningkat. Cepat ...

durova: Berikut adalah vandalisme lucu melihat patroli. http://meta.wikimedia.org/wiki/Friends_of_gays_should_not_be_allowed_to_edit_articles


saya: 150K penghapusan dalam satu bulan menunjukkan banyak (apa?)

durova: Well, salah satu contoh klasik adalah band garasi.

Sekelompok teman memulai sebuah band, cobalah untuk mendapatkan pertunjukan, namun tidak ditandatangani.

Jadi salah satu dari mereka menulis sebuah artikel Wikipedia untuk mencoba untuk mendapatkan perhatian.

Sayangnya tidak ada sumber yang dapat diandalkan untuk membuktikan apakah artikel adalah sesuatu yang nyata atau tipuan. Hanya band's homepage, yang dapat palsu.

Jadi kami hapus. Terjadi sepanjang waktu.

saya: apa uji keandalan, kredibilitas?

durova: Untuk pembaca, saya harus mencatat bahwa persentase tertentu dari orang-orang penghapusan adalah tentang non-orang dan bisnis terkemuka.

Mari saya memberikan link ke pedoman terkemuka.

http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Notability

Link mengarah ke diskusi rinci untuk bidang-bidang tertentu.

saya: ty

durova: Berikut link penting lain, artikel kami untuk penghapusan halaman. http://en.wikipedia.org/wiki/WP:AFD

Sekarang ada diskusi terbuka untuk 96 bisnis dan organisasi. http://en.wikipedia.org/wiki/Category:AfD_debates_% 28Organisation% 2C_corporation% 2C_or_product% 29

Penghapusan tidak dilakukan ringan. Ada sejumlah besar diskusi sekitar apakah akan menyimpan atau menjatuhkan sebuah posting. Perdebatan tertentu dapat berlangsung selama beberapa halaman dengan puluhan editor dan administrator menulis pendapat mereka tentang setiap posting. Ketika super-konsensus mayoritas sekitar 75% tersebut tercapai, keputusan dibuat.

saya: apa yang membentuk "konsensus"?

durova: Biasanya, dua-pertiga.

Tapi penutupan rumit.

Sudah cukup jelas ketika seseorang bergabung hanya untuk komentar pada sebuah diskusi. Pendapat-pendapat tersebut biasanya mendapatkan diskon.

Dan satu editor posting mungkin mendapatkan berat badan tambahan untuk meningkatkan satu atau lebih poin-poin penting bahwa pihak lawan tidak menjawab.

Aku masih penasaran bagaimana sebuah artikel atau entri dianggap oleh para editor. Salah satu keprihatinan pribadi saya mengenai Wikipedia adalah semakin meningkatnya beban kerja untuk staf relawan. Wikipedia telah menjadi lembaga sosial yang penting dengan kekuatan yang luar biasa penempatan di Google. Hal yang sama terjadi pada Open Directory Project. Tumbuh lebih cepat daripada staf editorial bisa mengelola.

aku: Apa proses entri melewati jika dibuat?

(dari editor / admin perspektif)

durova: Yah, masing-masing sunting baru mendapatkan terdaftar di perubahan terbaru. Ada link yang di paling kiri layar Anda (tergantung pada kulit Anda gunakan).

Ini untuk kesederhanaan. http://en.wikipedia.org/wiki/Special:Recentchanges

Beberapa relawan berkumpul di sini untuk layar untuk vandalisme atau artikel baru yang perlu penghapusan.

Mereka juga menambahkan artikel kategori jika tidak memiliki kategori.

saya: Aku melihat lebih dari 50 entri baru di masa lalu atau dua menit

durova: Yep.

saya: adalah tingkat entri per hari tumbuh?

durova: Ini bukan kutipan. "Pada tingkat empat ratus kata per menit, dua puluh empat jam sehari, seseorang bisa membaca kata-kata hampir dua puluh juta dalam sebulan. Pada bulan Juli 2006, Wikipedia bahasa tumbuh oleh lebih dari tiga puluh juta kata. Dengan kata lain, seorang pembaca cepat tidur tidak pernah bisa mengejar ketinggalan dengan Wikipedia konten baru. Membaca inkarnasi saat ini pada tingkat yang akan mengambil alih dua tahun, dan pada saat mereka selesai, begitu banyak yang akan berubah dengan bagian-bagian mereka sudah membaca bahwa mereka harus memulai lagi. "

http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Statistics


saya: ty

durova: np

saya: jadi jika para pembaca tidak dapat mengikuti, bagaimana para editor?

durova: Heh.

Kami melakukan yang terbaik.

Beberapa bots merangkak situs untuk mengendus vandalisme dan pelanggaran hak cipta.

saya: apakah ada jaminan simpanan yang luar biasa dari diedit atau tanpa filter posting?

durova: Mostly Wikipedia terus di atasnya.

Daftar pantauan penting. Aku menulis tentang mereka dalam artikel terakhir saya untuk SEL.
http://searchengineland.com/070807-085103.php

Bahkan dengan sejumlah besar relawan, menjalankan Wikipedia dapat menjadi frustasi, tugas tanpa pamrih. Rupanya, para Wikipediawan yang sangat kuat dan mendukung komunitas internal. Meskipun nama Durova cenderung untuk menarik panas di luar Wikipedia, membaca posting oleh admin dan editor lain menunjukkan dia memiliki cukup banyak dukungan internal.

durova: Saya telah berharap bahwa komunikasi yang lebih baik dapat mengurangi frustrasi di semua sisi.

saya: apa frustrasi?

durova: 5000 artikel dihapus sehari mewakili banyak waktu terbuang.

Kita semua tahu bahwa Wikipedia adalah teratas Google kembali. Dan tentu saja para profesional di SEO dan bidang terkait memberi perhatian padanya.

saya: oh yeah

durova: Ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda yang bekerja di dalam standar situs tanpa mengambil terlalu banyak dari waktu Anda.

Sebagian besar profesional tidak tahu banyak tentang apa metode ini.

Dan banyak hal yang bisa diterbitkan dalam pers arus utama ditulis oleh orang yang tidak mengenal Wikipedia dengan baik.

saya: Apa sebenarnya maksud Anda? Apakah Anda mengacu pada tujuan dari marketer atau orang editor?

durova: Mereka mungkin bermaksud baik, tetapi mereka sering salah dlm menggambarkan satu atau lebih aspek kebijakan situs. Pembaca mereka membaca kesalahan-kesalahan tersebut dan mengikuti mereka, maka relawan kami harus pergi untuk bekerja. Sekarang di SEO tujuan dasar Anda adalah untuk mengirim pembaca ke situs web. Apakah Anda mengatakan bahwa ringkasan yang adil?

saya: Absolutely. Peningkatan lalu lintas adalah tujuan. Itu biasanya dilakukan melalui mesin pencari. Sekarang, Wikipedia adalah semacam sebuah mesin pencari yang setidaknya memiliki satu jaminan penempatan di Google SERPs

Dalam hal ini dan beberapa cara lain, Wikipedia adalah mulai mengingatkan saya tentang proyek Open Directory. SEO akan membayar jumlah BESAR perhatian ke Wikipedia di tahun yang akan datang

durova: Yah cara untuk mendapatkan tahan lama outgoing links dari Wikipedia ke situs klien adalah memperlakukan Wikipedia sebagai sebuah ensiklopedia pertama. Aspek media sosial ada untuk mendukung bebas.

Aku menulis tentang salah satu cara untuk melakukan itu di kolom SEL pertama saya.

Kolom berikutnya akan alamat cara lain untuk membuat link tahan lama.

saya: baik

durova: Wikipediawan tidak suka linkspam, tetapi mereka tidak iri link yang melayani tujuan yang jelas ensiklopedi.

Wawancara berkelok-kelok selama beberapa topik lain, mulai dari pengalaman pribadinya di Wikipedia dengan hubungan antara Wikipedia dan Google:

saya: Apakah Wikipedia memiliki hubungan dengan Google?

durova: Ya, kita kabur untuk intim akhir pekan di pegunungan dan berpelukan di atas karpet kulit beruang dengan api.

saya: do you think mereka menghormati Anda di pagi hari?

durova: Kita akan melihat bagaimana Wikia tidak di pasar.

Saya tidak memiliki hubungan apa pun untuk Wikia, by the way.

saya: Saya pikir itu. Wikia masih sangat kecil

durova: Saya rasa Google sangat pintar dan mengawasi yang sangat erat, dan mungkin mempunyai rencana bisnis untuk mengatasinya jika lepas landas.

saya: Oh yeah. Google watches ruang seperti urusan orang lain. serius sekalipun. Apakah Wikipedia memiliki perjanjian w / Google mengenai konten?

durova: Bukannya aku tahu. Wikipedia adalah semua lisensi copyleft, sehingga siapa pun dapat menggunakan materi secara gratis jika mereka sumber kredit.

Tapi banyak orang bertanya-tanya mengapa Wikipedia konsisten peringkat begitu tinggi.

saya: apakah fakta bahwa entri akan hampir pasti mendapatkan penempatan tinggi di bawah kata kunci yang relevan ada hubungannya dengan keputusan editorial?

banyak link.

durova: Di antara Wikipedia tetap, tidak. Kadang di antara pengunjung dan pendatang baru, sangat banyak sehingga.

Jadi sejauh bahwa hardcores seperti saya berurusan dengan itu, kita mengambil kebijakan link dan menjelaskan kepada orang-orang.

Aku tahu ini bukan menara gading. Wikipedia konten dan link memiliki dampak dunia nyata.

Itu kenyataan dan aku menghadapinya.

Kadang-kadang aku siteban orang karena itu.

Itu adalah apa yang sitebanning orang begitu marah dengan Durova. Ada sedikit dia dapat melakukan hal itu kecuali mencoba melakukan tugasnya dengan konsistensi dan relatif belas kasihan. Lebih pada argumen antara Durova dan anggota-anggota tertentu dari masyarakat pemasaran pencarian minggu depan.

Pengarang: Jim Hedger adalah Editor Eksekutif SiteProNews.com /. Jim adalah juga seorang penulis, penyiar radio, komentator dan analis di sektor pemasaran pencarian. Dia adalah pengguna Wikipedia yang rajin dan iklim Wikipedia pendukung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar